Mulai Usaha Anda

Peluang Usaha Anda (Mulai Usaha Anda)

 

1. Riset Pasar

  • Memahami Pasar Anda
    • Riset pasar adalah proses menganalisis data untuk membantu Anda memahami produk dan jasa yang dalam permintaan, dan bagaimana untuk menjadi kompetitif.
  • Statistik Bisnis
    • Sebagai pemilik bisnis, Anda akan memerlukan pemahaman yang kuat tentang pasar dan kondisi ekonomi saat ini untuk merencanakan pertumbuhan bisnis dan sukses. Sumber daya berikut menyediakan statistik pada berbagai industri di Indonesia dan kondisi bisnis

2. Mempelajari tentang ijin usaha

  • Pilih nama yang cocok untuk bisnis anda
    • Memilih nama bisnis merupakan langkah penting dalam proses perencanaan bisnis. Tidak hanya sekedar annda memilih nama yang mencerminkan identitas merek anda, tetapi anda juga perlu memastikan apakah nama itu benar terdaftar dan dilindungi untuk jangka panjang. Anda juga harus memikirkan untuk ketersidaan nama untuk alamat website anda.
  • Daftarkan bisnis anda dengan resmi
    • Selain memberikan nama bisnis anda, hal lain yang lebih penting adalah mendaftarkan bisnis anda sesuai dengan peraturan yang telah dibuat oleh pemerintahan

3. Membangun Rencana Bisnis Anda

  • Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis?
    • Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk fokus pada rencana bisnis. Sebuah Rencana Bisnis berfungsi sebagai peta jalan untuk tahun-tahun pertama menjalankan bisnis. Rencana bisnis umumnya berumur untuk 3-5 tahun ke depan dengan tujuan untuk mencapai  target ayng direncankan serta hasil yang baik. Sebuah rencana bisnis sangat penting karena benar-benar berfungsi sebagai kompas untuk arah bisnis Anda dalam menghadapi persaingan bisnis di masa depan. Memiliki rencana bisnis juga akan membantu Anda mencapai hal-hal yang ingin Anda capai dan akan membantu bisnis Anda untuk menemukan kesuksesan juga.

4. Manfaatkan peluang usaha yang ada

  • Pemerintah 
    • Setiap tahunnya, pemerintah memiliki anggaran untuk pengadaan barang dan jasa untuk segala sektor. Pengadaan barang dan jasa selalu memiliki nilai paket yang sangat tinggi dan selalu mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern dan terbuka. Maka dari itu, siapa saja bisa ikut serta dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Mungkin anda salah satunya?
  • Swasta
    • Indonesia kini memasuki era yang sangat terbuka untuk orang ingim memulai bisnis dan banyak anak – anak muda sekarang bisa menfaatkan peluang usaha sehingga banyak yang membangun bisnis start up yang kini sedang populer. Bagaimana cara untuk menjadi sukses dengan memnfaatkan era modern masa kini?

 

Peluang Usaha Anda (Kembangkan Usaha Anda)

 

Cari Klien atau Rekan Baru di Luar Negeri

Bergabunglah dengan komunitas online dari perusahaan diseluruh dunia yang didedikasikan untuk perdagangan internasional dan investasi.

Peramalan untuk Pertumbuhan Bisnis

Agar efektif sebagai pemimpin, Anda harus mengembangkan keterampilan dalam pemikiran strategis. Pemikiran strategis adalah proses dimana Anda belajar bagaimana membuat visi bisnis Anda menjadi kenyataan dengan mengembangkan kemampuan Anda dalam kerja sama tim, pemecahan masalah dan berpikir kritis. Ini juga merupakan alat untuk membantu Anda dalam menghadapi perubahan, rencana dan membuat transisi, serta membayangkan kemungkinan-kemungkinan baru dan peluang bisnis di masa mendatang.

Menggunakan Teknologi untuk Tetap Kompetitif

Di era modern kini, sebagai pemilik bisnis, sangat penting bahwa Anda memahami dan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Teknologi dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis dan bahkan memperluas operasi serta pasar anda.

Mengembangkan Rencana Pemasaran

Bagi Anda yang telah berhasil memulai bisnis dan siap untuk mengambil langkah berikutnya, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu bisnis Anda tumbuh.

Pertumbuhan pembiayaan

Pemerintah Indonesia dibawah komando Jokowi, berkomitmen untuk membantu usaha kecil, yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa, berkembang. Bekerja sama dengan berbagai pihak dan pinjaman mitra di seluruh negeri, pemerintah telah menyediakan anggaran dan membuat program kerja 2016 untuk mengembangkan sejumlah program keuangan yang membahas berbagai kebutuhan usaha kecil.

Membangun Sendiri Waralaba Anda

Sebuah waralaba adalah hubungan hukum dan komersial antara pemilik merek dagang, merek layanan, nama dagang, atau simbol iklan dan seorang individu atau kelompok yang ingin menggunakan identifikasi yang dalam bisnis.