Mari Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2017

13 02-2017
Mari Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2017

Jakarta, 10 Februari 2017 – Pilkada Serentak akan berlangsung dalam hitungan hari. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta semua pihak untuk ikut aktif mengawal berlangsungnya proses Pilkada Serentak mulai dari masa kampanye, hingga hari pencoblosan.

Menurut Tjahjo, Pilkada Serentak bisa dikatakan sukses apabila adanya partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan bijak dan baik. Disamping itu, tidak adanya politik uang selama Pilkada serentak 2017 juga menjadi poin penting dalam menyukseskan Pilkada nantinya.

“Saya kira ukuran pilkada sukses itu yakni tidak ada politik uang, adanya program-program yang baik, dan tingkat partisipasi masyarakat juga harus baik,” ungkap Mendagri.

Masing-masing pasangan calon (Paslon) menurut Mendagri juga harus mampu menawarkan program-program terbaik kepada masyarakat.

Tjahjo menambahkan, pada prinsipnya, pilkada adalah upaya pemerintah untuk menjaga netralitas. Maka dari itu, Mendagri mengimbau kepada struktur pemerintah seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, serta TNI untuk menjaga netralitas tersebut.

“Pada 101 daerah yang mengikuti Pilkada 2017 semuanya sudah disiapkan, terlebih Undang-Undang Pilkada telah disempurnakan antara pemerintah dengan DPR serta elemen-elemen demokrasi seperti KPU, Bawaslu, Kepolisian,” tambahnya.

Pilkada Serentak akan dilangsungkan pada tanggal 15 Februari 2017 di 101 daerah otonom di Indonesia. Ke 101 daerah tersebut meliputi 7 provinsi, 76 kabupaten dan 18 kota dengan total jumlah pemilih hingga 46,7 juta warga.

Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri dan Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo

 

Related article

  • OLYMPUS DIGITAL CAMERA
    10 08-2016
    Empat E-Commerce Gabung ke Katalog LKPP

    Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  mengadakan sarasehan dengan tema “Bersama LKPP Membangun Pengadaan Barang/Jasa Yang Transparan” bersama empat e-commerce: AnugrahPratama.com, Ayooklik.com, Bhinneka.com, dan Mbiz.co.id. Bersamaan dengan acara tersebut, dilakukan penandatanganan Pakta Integritas oleh AnugrahPratama.com,…

    Read more...
  • img_5410-edit-copy
    10 08-2016
    LKPP Gelar Konferensi Pengadaan Internasional

    Denpasar – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bersama Universitas Udayana dan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia menggelar International Public Procurement Conference (IPPC) di Denpasar, Bali.  Konferensi dua tahunan yang memasuki putaran ketujuh ini digelar selama tiga…

    Read more...
  • Presiden Joko Widodo
    02 06-2016
    Presiden Joko Widodo : Laksanakan Empat Kunci Pengendalian Inflasi

    Pemerintah dan Bank Indonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah VII (Rakornas TPID) pada Kamis, (4/8) di Jakarta. Pertemuan yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo tersebut mengangkat sejumlah isu penting dalam pengendalian inflasi….

    Read more...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *