LKPP Menghadiri APKASI Procurement Network 2018

27 04-2018
LKPP Menghadiri APKASI Procurement Network 2018

Jakarta – Kepala Subdirektorat Riset dan Kontrak Direktorat Pengembangan Sistem Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Eko Rinaldo mewakili Kepala LKPP memberikan sambutan pada acara Apkasi Procurement Network (APN) tahun 2018 yang diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta (27/4/2018).

Dalam sambutannya Eko menyampaikan pesan dari Kepala LKPP Agus Prabowo, jangan kita takut terlebih dahulu, yang paling penting adalah berani dan semangat pengadaannya perlu dibangun. “Kalau jiwanya sudah memiliki semangat dan kompetensi pengadaan, itu akan berhasil. Namun prinsip kehati-hatian perlu diperhatikkan dalam belanja barang/jasa,”ujarnya.

Eko juga berharap pelaksana pengadaan dapat meningkatkan pelayanan sehingga hasil dari pengadaan dapat membantu tercapainya pembangunan di Indonesia sesuai dengan apa yang direncanakan. Selain itu, dia menjelaskan mengenai prinsip value for money yang sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP).

Kini pengadaan tidak lagi mensyaratkan barang yang harganya murah, tapi yang penting penyedianya dulu yang harus berkualitas, baru barangnya yang berkualitas. Pengadaaan konstruksi kalau dilakukan penawaran harga maka wajib hukumnya dilakukan klarifikasi terlebih dahulu, contoh harga semen di pasaran Rp.80.000, ternyata ada kontraktor yang menawarkan Rp.70.000, ini yang harus diklarifikasi karena jangan sampai kalau dia nanti ditunjuk sebagai pemenang, tapi di lapangan tidak bisa menyediakan barangnya.

Kegiatan ini juga menggelar talkshow dengan sub tema “Pengembangan E-Katalog Daerah dalam rangka Peningkatan Ekonomi Lokal”. Pembicara yang hadir yaitu Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Provinsi DKI Jakarta Indrastuty Rosari Okita. Kepala BPPBJ DKI Jakarta menjelaskan antara lain dasar pembentukan ULP di Provinsi DKI Jakarta, dasar hukum katalog lokal, e-katalog, alur proses e-katalog lokal, key issue, implementasi pelelangan, dan lainnya.

Dia pun menekankan pentingnya katalog lokal bagi percepatan pengadaan, variasi produk, dan kesempatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Manfaatnya untuk mempercepat proses pengadaan sesuai kebutuhan dan karakteristik daerah, meningkatkan jenis dan variasi produk dan layanan purna jual dalam e-katalog, dan memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi UMKM untuk ikut partisipasi pengadaan barang/jasa pemerintah,”jelasnya.

Sebelumnya acara ini dibuka oleh Ketua Bidang Keuangan Daerah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Irwan Nasir sekaligus Bupati Kepulauan Meranti. Irwan mengatakan dirinya tidak menampik bahwa pelaksana pengadaan barang/jasa memiliki kekhawatiran terjerat kasus hukum. Oleh karena itu peran kepala daerah diperlukan untuk memotivasi aparatur pengadaan barang/jasa.

“Hal yang menjadi penting bagi kepala daerah adalah bagaimana bisa memberikan motivasi bagi jajaran SKPD atau OPD untuk memperkuat sisi perencanaan dokumen yang mendukung pengadaan barang/jasa tersebut, diantaranya yaitu menyiapkan kerangka acuan kerja secara baik serta mendorong staf menyusun harga perkiraan sendiri sesuai kondisi setempat,” kata Irwan.

 

Related article

  • 02 07-2019
    LKPP Gelar FGD Bahas Sentralisasi Pengadaan Barang/Jasa Publik yang Bersifat Kompleks, Besar, dan Strategis

    Direktorat Pengembangan Iklim Usaha dan Kerjasama Internasional Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Publik (LKPP) menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Sentralisasi Pengadaan Barang/Jasa Publik yang Bersifat Kompleks, Besar, dan Strategis di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan,…

    Read more...
  • 20 06-2019
    Daftar Hadir Kegiatan Peningkatan Kapasitas Bagi Penyedia Barang/Jasa Pemerintah di Kota Solo 2019

    Kepada Yth Peserta Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyedia Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 di tempat Dengan hormat, Bersama ini kami sampaikan informasi dan terlampir nama peserta untuk kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyedia Barang/Jasa Pemerintah di kota Solo yang…

    Read more...
  • 10 06-2019
    Daftar Hadir Kegiatan Peningkatan Kapasitas Bagi Penyedia Barang/Jasa Pemerintah di Kota Jambi

    Kepada Yth Peserta Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyedia Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 di tempat Dengan hormat, Bersama ini kami sampaikan informasi dan terlampir nama peserta untuk kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyedia Barang/Jasa Pemerintah di kota Jambi yang akan…

    Read more...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *