Kerjasama Internasional dalam Bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

21 12-2018
Kerjasama Internasional dalam Bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Dalam rangka menjalankan amanat UUD 1945 dan misi pembangunan nasional, Indonesia telah ikut dalam pergaulan dan kerjasama dengan dunia internasional. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah melalui perjanjian kerjasama internasional atau free trade agreement (FTA). Dalam perundingan kerjasama internasional, LKPP ditunjuk sebagai lead negotiator untuk bidang pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJP).

Kerjasama internasional yang telah dilakukan Indonesia di bidang PBJP beberapa diantaranya adalah Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), Indonesia-European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EFTA CEPA), Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) dan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA). Dalam I-EFTA CEPA, perjanjian Indonesia dalam bidang PBJP baru sebatas transparansi, sedangkan dalam RCEP dan IJEPA kerjasama meliputi transparansi dan kooperasi.

Khusus untuk IEU CEPA, selain membahas tentang transparansi dan kooperasi, saat ini sedang dibahas tentang pembukaan akses pasar PBJP. Namun sampai sejauh mana pembukaan akses pasar PBJP tersebut, masih dikaji lebih lanjut. LKPP melalui Direktorat Pengembangan Iklim Usaha dan Kerjasama Internasional telah melakukan kajian kesiapan pelaku usaha PBJP Indonesia dalam kerangka kerjasama Internasional dan kajian tersebut masih belanjut untuk mengamati perubahaan kesiapan tersebut. Selain itu akan dilakukan beberapa kajian yang mendalam terkait langkah strategi dalam menghadapi FTA di bidang PBJP.

Related article

  • 08 05-2018
    Mengenal Sustainable Public Procurement

    Sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah terus mengalami perbaikan. Tercatat Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) telah melakukan berbagai inovasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) seperti e-purchasing, e-catalog, dan e-tendering. Dan kini hadirnya…

    Read more...
  • 02 05-2018
    Vendor Directory

    Memperkenalkan Vendor Directory : Wadah Promosi Pelaku Usaha tanpa Biaya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sebagai lembaga yang bertugas merumuskan dan mengembangkan kebijakan barang/jasa pemerintah telah membuat aplikasi baru yang dinamakan dengan vendor directory…

    Read more...
  • 09 03-2018
    KERANGKA ACUAN KERJA JASA KONSULTASI TAHUN ANGGARAN 2018

    KERANGKA ACUAN KERJA JASA KONSULTASI TAHUN ANGGARAN 2018 KAK TENAGA AHLI (KONSULTAN) UKM KODE JK.01 : (https://drive.google.com/file/d/1V_3qMczTtjd-NDgymMTlzRwqY5-zrO4A/view?usp=sharing) KAK TENAGA AHLI (KONSULTAN) SPP KODE JK.02 : (https://drive.google.com/file/d/10GFl6y4lAz53HENm1PBxHHo4TmzRfZeT/view?usp=sharing)          

    Read more...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *